Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM), Tujuan & Contoh Menurut Para Ahli


Hak Asasi Manusia (HAM) adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia sejak dalam kandungan yang tidak mengenal jenis kelamin, ras, negara, agama, budaya, batasan umur, dan bersifat universal.

Tujuannya menjadi landasan moral manusia dalam berinteraksi dengan manusia yang lainnya agar menjamin keberadaan harkat dan martabat manusia serta menjaga keharmonisan di lingkungannya. Lalu, hak ini berlaku untuk seumur hidup manusia dan tidak dapat diganggu gugat oleh siapa pun.

Konsep HAM dalam Universal Declaration of Human Rights (UHDHR) merupakan perkembangan dari ajaran F.D. Roosevelt, yaitu The Four Freedom yang terdiri atas :
  • Kebebasan mengeluarkan pendapat dan berkarya
  • Kebebasan beragama
  • Kebebasan dari rasa takut
  • Kebebasan dari kemiskinan


Definisi HAM Menurut Para Ahli
Sebenarnya, pokok utama fungsi HAM yaitu bersifat kodrati, dimiliki oleh siapa pun, berlaku dimana pun, dan kapan pun. Tetapi, ada beberapa pendapat menurut para ahli mengenai definisi atau pengertian HAM sebagai berikut :

a. John Locke, berpendapat bahwa individu sesuai dengan kodratnya adalah makhluk yang bebas dan setara. Manusia memiliki kodrati yang memiliki hak hidup (the right to life), dan hak untuk merdeka (the right to liberty), dan hak memperoleh/memiliki kekayaan (the right to property)

b. Prof. Darji Darmodiharjo, berpendapat dan mengatakan bahwa hak-hak asasi manusia adalah hak-hak dasar yang dibawa manusia sejak lahir sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Hak-hak itu adalah menjadi dasar dari hak dan kewajiban-kewajiban yang lain

c. UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, menyebutkan bahwa HAM adalah seperangkat hak yang melengkat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh Negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia 

(Baca Juga : Cara Praktis Merawat Android Agar Tahan Lama)
(Baca Juga : Pengertian Jahit Tambal/Patchwork & Pengertian Quilt)

Post a Comment for "Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM), Tujuan & Contoh Menurut Para Ahli"