Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ergonomi, Prinsip & Contoh-Contohnya

Ergonomi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari manusia dalam kaitannya dengan pekerjaan atau aktivitasnya. Dalam bidang desain produk, ergonomi adalah ilmu terapan yang membahas tentang kelebihan dan keterbatasan manusia, dan secara sistematis memanfaatkan informasi-informasi tersebut untuk merancang suatu produk. Dengan demikian, produk yang dihasilkan akan baik, efektif, aman, dan nyaman. Di dalam ilmu ergonomi terkandung makna penyalarasan antara produk dengan kebutuhan tubuh manusia



Sebuah produk kerajinan yang memiliki nilai pakai harus memperhatikan prinsip-prinsip ergonomic. Prinsip-prinsip tersebut adalah kegunaan, keamanan, kenyamanan, keluwesan, dan kekuatan. 
a. Kegunaan (utility), artinya produk yang dihasilkan dapat dimanfaatkan seseorang untuk mendukung aktivitas atau kebutuhan secara maksimal tanpa mengalami kesulitan atau masalah dalam penggunaannya. 
b. Keamanan (safety), artinya produk yang dihasilkan dapat digunakan dapat dimanfaatkan tanpa risiko membahayakan keselamatan atau menimbulkan kerugian bagi pemakai. 
c. Kenyamanan (comfortability), artinya produk yang dihasilkan dapat digunakan dengan pas atau tidak menganggu dalam beraktivitas, bahkan diupayakan dapat mendukung aktivitas seseorang. 
d. Keluwesan (flexibility), artinya produk yang dihasilkan sedapat mungkin bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dalam berbagai kondisi atau dapat memiliki fungsi ganda.
e. Kekuatan (durability), artinya produk yang dihasilkan harus awet atau tahan lama dan tidak mudah rusak jika digunakan.

   Contoh penerapan prinsip-prinsip ergonomi dalam pembuatan produk kerajinan tekstil seragam kantor adalah sebagai berikut. 
- Kegunaan (utility): kemeja diberi kancing untuk memudahkan dalam mengenakan dan melepasnya.
- Keamanan (safety): saku baju diberi tutup dan dan kancing agar benda yang berada di saku tidak mudah jatuh.
- Kenyamanan (comfortability): kain yang digunakan dipilih dari bahan yang seratnya lembut, sejuk, dan menyerap keringat
- Keluwesan (flexibility): baju diberi saku untuk menyimpan pulpen atau benda-benda kecil yang lain. 
- Kekuatan (durability): bahan baju dipilih dari bahan yang awet dan dijahit dengan baik dan kuat.


(Baca juga : Pengertian Estetika & Ciri-cirinya)
(Baca juga : 2 Fungsi Produk Kerajinan Tekstil)

Post a Comment for "Pengertian Ergonomi, Prinsip & Contoh-Contohnya"